--> 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13

--
Monday, January 22, 2018

Bahasa program yang wajib dikuasai anak teknik informatika


Terdapat ada banyak bahasa program. Bermula dari pertama kali komputer dibuat bahasa program berkembang pesat hingga sekarang ini. lalu apa itu bahasa program? Bahasa program adalah suatu bahasa yang dapat dikenal oleh komputer, terdiri atas simbol dan karakter tertentu.

Seorang programer mengembangkan suatu bahasa program untuk mencapai tujuan tertentu serta memajukan ilmu teknologi dan komputer. Salah satu hasil nyata dari bahasa program yaitu terciptanya sistem robot, aplikasi, dan website. 

Siapa saja dapat menjadi seorang programer dan mempelajari kodingnya. Terdapat tempat yang menyediakan pembelajaran bahasa coding salah satunya melalui website online W3, Hacktiv8, serta di blog" tertentu. Seorang mahasiswa teknik informatika wajib menguasai beberapa bahasa program diantaranya sebagai berikut:


<HTML> 

Bahasa program html adalah sebuah markup bahasa yang digunakan untuk membuat suatu halaman website,  menampilkan informasi di mesin telusur browser dan ditulis kedalam berkas format ASCII. Berikut ini adalah bentuk struktur penulisan html yang benar.

<html>
<head>
<title>ini untuk judul halaman html</title>
</head>
<body>
<--!-->disini tempat isi : dapat membuat table, paragraf, rumus, coding php, dan lainnya. <--!>
</body>
</html>

Perhatikan bahwa bahwa pada coding html semua tag pembuka <html> pastikan memiliki penutupnya </html>. Coding html dapat berfungsi dengan baik jika setiap tag pembuka memiliki tag penutup, serta dapat di eksekusi dengan format penyimpanan .htm atau .html.

<?PHP 

Php adalah bahasa program yang paling populer didunia yang digunakan untuk membuat suatu halaman website dan program rumus tertentu. Php juga memiliki karakter dan suatu fungsi untuk kegunaan rumus tertentu, serta dapat digunakan bersamaan dengan program html. Berikut ini adalah bentuk struktur penulisan coding php yang benar.

<?php
<--!-->contoh dibawah yaitu echo/menampilkan kata<--!-->
echo "nama saya muhammad febriansyah";
?>

Coding diatas jika dijalankan akan menampilkan suatu fungsi kata yaitu "nama saya muhammad febriansyah". Terdapat banyak sekali fungsi pada program php, anda dapat mempelajari code fungsi php melalui website resmi W3. Php ini dapat dijalankan jika fungsi $ dan penutup sudah benar, serta dapat di eksekusi dengan format penyimpanan .php. Aplikasi yang biasa digunakan seorang programer bahasa ini yaitu  sublime text, notepad, dan xampp.

<C++ {} 

Bahasa coding C++ adalah bahasa pemograman yang memiliki class, variabel yang dijalankan di mesin console. C++ digunakan untuk mendesain sistem linux dan membuat program tertentu. Bahasa program ini termasuk bahasa program kelas rendah yang sangat mudah dipelajari maupun dikembangkan. Berikut ini adalah bentuk struktur penulisan coding C++ yang benar.

#include <iostream>
using namespace std;

int main() 
{
    cout << "hidupkan teknik";
    return 0;
}

Coding diatas jika di Run akan menampilkan output kata "hidupkan teknik". Terdapat banyak class, variabel, dan fungsi tertentu di bahasa C. Anda dapat mempelajari bahasa ini secara online melalui situs website programiz dot com. Metode penulisan bahasa c tidak jauh berbeda dengan penulisan php dan visual basic. Aplikasi yang digunakan dalam merancang bahasa ini yaitu Turbo C++.

Itulah bahasa program yang wajib dikusai anak teknik informatika. Setiap bahasa program mempunyai keunggulan tersendiri yang dapat dikembangkan seorang mahasiswa untuk memajukan ilmu codingnya. Dibutuhkan ketelitian dalam mengembangkan program. Gunakanlah sistem kerja program yang anda buat untuk tindakan positf. Selamat berlatih, semoga berhasil.


No comments:

Post a Comment

"Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"

Popular Posts




    rocket

    Admin Blog Hidupkan Teknik

    Ini adalah blog tidak terurus. Admin sibuk sekali, setelah menjadi arsip yang cukup lama barulah blog ini akan diurus kembali.

    rocket

    Blog Responsif

    Dibuat kompitable untuk support pengguna handphone maupun laptop pc.

    rocket

    Web Efesien and moderen

    Artikel disajikan secara sembarangan tetapi bermanfaat. Tampilan juga moderen, lumayanlah untuk blog sembarangan.

    rocket

    Blog Fast Loading

    Loading blog sangat cepat. Agar pengunjung menyukai blog gado-gado gak jelas ini.